You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Desa Pematang Panjang

Kec. Sungai Tabuk, Kab. Banjar, Prov. Kalimantan Selatan
  • Jalan Pematang Panjang Km. 7 RT. 01 No. 69
  • sekretariat@pematangpanjang.banjarkab.go.id
Info
Selamat Datang di Website Resmi Desa Pematang Panjang Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan Kepada Warga Pematang Panjang Agar Melaksanakan Protokol Kesehatan (Menggunakan Masker dan Menjaga Jarak ) Dengan Baik Bila Datang ke Kantor Desa Pematang Panjang, Serta Menunjukkan Serifikat/Kartu Vaksin Anda Berikut kami sampaikan peraturan tentang pentingnya vaksin bagi pelayanan warga -- selengkapnya...

Pelatihan Pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) oleh BKAD Kecamatan Sungai Tabuk


Pelatihan Pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) oleh BKAD Kecamatan Sungai Tabuk

Kertak Hanyar, Selasa 6 Juli 2021, Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Sungai Tabuk mengadakan Pelatihan Pengelola BUMDesa Sekecamatan Sungai Tabuk di Hotel Delima, yang mana pelatihan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Banjar serta Camat Sungai Tabuk.

Dalam Sambutannya, Ketua BKAD Kecamatan Sungai Tabuk sekaligus Sekretaris Desa Pematang Panjang yaitu Mansyah menyampaikan bahwa pelatihan BUMDesa ini diikuti oleh Pengelola BUMDesa, Serta Kepala Desa diwilayah Kecamatan Sungai Tabuk, yang mana pelatihan ini diharapkan menjadikan Pengelola BUMDesa di Kecamatan Sungai Tabuk semakin paham tentang pentingya Perencanaan Usaha serta pengembangan usaha untuk terus memajukan BUMDesa khususnya di Kecamatan Sungai Tabuk.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Banjar, Syahrialudin, S.Sos., MAP mengatakan bahwa salah satu Prioritas Dana Desa salah satunya adalah BUMDesa, serta Dinas PMD akan membina BUMDesa yang mati suri serta akan membuat BUMDesma. Selain itu juga beliau menyampaikan agar Dokumen Pendirian BUMDesa perlu diperhatikan dengan baik agar dapat didaftarkan dan dilegalkan ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia melalui website yang disediakan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. beliau juga mengharapkan dan menargetkan BUMDesa akan terus berkembang dan meningkatkan usaha yang dikelola melalui pelatihan ini.

Camat Sungai Tabuk, Ahmad Rabani, AKS, M. Si juga menyampaikan bahwa jika melaksanakan Pelatihan baik itu Pelatihan tingkat Desa maupun Tingkat Kecamatan harus dikelola oleh BKAD sesuai dengan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku. BUMDesa juga harus melihat potensi di desa untuk meningkatkan Ekonomi Desa dan Pendapatan Asli Desa, serta beliau berharap agar BUMDesa ini terus bekembang dan maju, serta pengelola BUMDesa menjadi SDM yang Profesional dalam mengelola Usaha BUMDesa. serta Beliau juga secara resmi membuka acara Pelatihan Pengelola BUMDesa Kecamatan Sungai Tabuk.

Desa Pematang Panjang mengirimkan peserta Pelatihan BUMDesa sebanyak 3 orang yang diwakili oleh Pambakal Pematang Panjang Selaku Penasehat BUMDesa, Ketua/Direktur BUMDesa dan Sekretaris BUMDesa yang mana acara ini meliputi materi tentang Legalitas BUMDesa, Pendirian BUMDesa, Laporan Keuangan BUMDesa oleh Tenaga Ahli Kabupaten Banjar yaitu Rindang Yunus, Perencanaan Bisnis BUMDesa oleh Balai Pelatihan, Pemberdayaan Masyarakat Desa, serta Program Kerja BUMDesa oleh Tenaga Ahli Kabupaten Banjar. Acara pelatihan BUMDesa ini dilaksanakan selama 3 hari mulai dari Selasa 6 Juli 2021 hingga Kamis 8 Juli 2021.

 

Bagikan artikel ini:
Komentar
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar

APBDes 2020 Pelaksanaan

APBDes 2020 Pendapatan

APBDes 2020 Pembelanjaan